Artikel Perawatan Kulit Sehat

Mengatasi 5 Penyebab Umum Kulit Kering

Tidak seperti yang selama ini kita pikirkan, tidak semua kulit yang kering adalah kulit yang tidak sehat. Kulit kering adalah salah satu jenis kulit yang membutuhkan perawatan dan kelembapan esktra, tetapi tetap merupakan kulit sehat. Walaupun demikian, jika kulitmu terasa sangat kering, ada kemungkinan kondisi kulitmu sedang terganggu. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan kulitmu terasa sangat kering?

1. Umur

Semakin bertambahnya umur, semakin tipis dan kering kulit jadinya akibat perubahan hormon.(1) Untuk memperlambat terjadinya hal ini, pastikan kamu melembapkan kulitmu di saat pagi dan malam hari. Kamu bisa mencoba Cetaphil Daily Advance Ultra Hydrating Lotion. 

Saat melembapkan wajah, lembapkan juga bagian lehermu. Tidak perlu menggunakan pelembap yang berbeda, tetapi harus dilakukan dengan teratur untuk mencegah kerutan dan garis halus yang akan lebih tampak pada kulit kering dan menua.

2. Cuaca/Iklim

Jika kamu tinggal di iklim yang kering, kelembapan kulitmu akan cepat berkurang. Gunakan pakaian longgar dari bahan alami, serta gunakan pengatur kelembapan atau humidifier di kamar tidur atau di ruangan lain yang paling sering kamu habiskan waktu untuk menambah kelembapan udara dan bantu menjaga kulit tetap lembap. Sama halnya jika kamu sering berada di cuaca atau udara yang dingin dan berangin, kelembapan kulitmu akan terganggu. Gunakan pelembap secara teratur tidak hanya pada wajah tetapi gunakan juga pelembap pada tubuhmu.

3. Berenang

Berenang beberapa putaran sebelum sarapan mungkin dapat berefek baik untuk sistem peredaran darah dan jantung, sayangnya tidak sama halnya dengan kulitmu. Klorin yang terkandung pada air kolam renang dapat membuat kulitmu kering. Pastikan untuk membilas tubuhmu setelah berenang dan segera lembapkan kulitmu. Pelembap berbentuk salep atau krim dengan kandungan minyak alpukat  juga baik untuk melembutkan kulit.

4. Pekerjaanmu

Beberapa pekerjaan membuatmu sering terpapar atau terkena hal-hal yang dapat membuat kulit menjadi kering. Jika kamu bekerja perawat atau hairdresser atau pekerjaan lain yang sering membuat kulitmu terkena bahan kimia, kamu mungkin terkena risiko Occupational Irritant Contact Dermatitis (OICD) atau eksim pada kulit tangan akibat kontak saat bekerja dengan bahan yang membuat iritasi. Gejalanya berupa kulit yang sangat kering bahkan pecah-pecah. Pencegahan lebih baik dibandingkan pengobatan dan setiap pencegahan berbeda tergantung jenis pekerjaannya. Tapi pada umumnya, penggunaan sarung tangan dan pakaian pelindung adalah ide yang bagus(4). Menggunakan pembersih dengan formula lembut dan menggunakan hand cream beberapa kali dalam sehari juga dianjurkan.

5. Kondisi Kulit

Kulit yang terasa terlalu kering juga bisa diakibatkan oleh kondisi kulit tertentu seperti psoriasis yaitu kondisi di mana sel kulit tumbuh terlalu cepat(5) atau eksim (selain OICD, eksim juga dapat disebabkan oleh banyak hal termasuk reaksi alergi atau bersentuhan dengan bahan yang menyebabkan iritasi).(6) Jika kamu merasa memiliki kondisi kulit tertentu, ada baiknya konsultasi dengan dermatologist dan menggunakan pengobatan yang telah diresepkan.

 

1 https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/skin-care-during-menopause

2 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614059/

3 https://www.omicsonline.org/open-access/prevention-of-occupational-contact-dermatitis-2165-7556-1000165.php?aid=73550

4 https://www.aad.org/public/diseases/scaly-skin/psoriasis

5 https://www.aad.org/media/stats/conditions/eczema