null

Kulitmu Dehidrasi?

Ini Penyebabnya!

Pernahkah kulitmu merasa tertarik, kasar, kusam, serta sensitif hingga gatal dan iritasi? Hal ini bisa berarti kulitmu tengah mengalami kondisi kulit dehidrasi. Kondisi ini memang merupakan salah satu permasalahan kulit yang umum dialami banyak orang, tapi sebenarnya apa sih penyebabnya?

penyebab-kulit-dehidrasi
1. Kurang asupan cairan

Penyebab utama kulit dehidrasi adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Kondisi ini dapat terjadi saat kamu kurang minum air ataupun terlalu banyak berkeringat, yang akhirnya menyebabkan kulit jadi tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Karena itu, pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan meminum 2 liter air putih atau sekitar 8 gelas per hari.

2. Gaya hidup yang tidak sehat

Kamu terbiasa begadang hampir setiap hari? Kebiasaan ini juga dapat menjadi salah satu alasan kulitmu dehidrasi, lho. Soalnya, ketika kurang tidur, kulit jadi tidak bisa memperbaiki dirinya secara maksimal di malam hari. Jadi sesibuk apa pun kamu, kamu tetap perlu tidur yang cukup, minimal sekitar 8 hingga 9 jam per hari. 



Selain itu, terlalu banyak minum kopi dibandingkan air putih juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya, kopi bersifat diuretik sehingga dapat meningkatkan produksi urine dan menguras cairan dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Begitu pun dengan alkohol.

Bagaimana dengan rokok? Sebuah penelitian menunjukkan kalau tingkat hidrasi kulit lebih rendah di kulit para perokok. Hal ini bisa disebabkan oleh aliran darah yang terganggu ataupun transepidermal water loss (TEWL) yang meningkat akibat merokok.

3. Suhu panas dan dingin

Ketika cuaca sedang panas-panasnya, kamu akan lebih mudah berkeringat dan kehilangan cairan dalam tubuh. Namun, di saat yang sama, seharian berada di dalam ruangan ber-AC juga tidak baik. Suhu dingin dapat membuat tingkat kelembapan di udara menurun dan akhirnya mengurangi kandungan air di kulitmu.

4. Terlalu stres

Selain berdampak buruk pada kesehatan mental, berada dalam keadaan stres juga dapat memengaruhi kesehatan kulitmu. Saat stres, tubuhmu akan lebih mudah berkeringat sehingga cairan dalam tubuh jadi berkurang yang menjadi salah satu penyebab dehidrasi. Tidak hanya itu, dilansir dari healthline, stres juga dapat mengganggu fungsi skin barrier yang memengaruhi kemampuan kulit untuk mempertahankan kandungan airnya.



Nah, sekarang sudah tahu kan, kondisi apa saja yang perlu dihindari agar kulit tidak dehidrasi? Selain kondisi-kondisi di atas, pastikan kamu juga merawat kulit secara rutin dengan menggunakan rangkaian produk Cetaphil yang lembut dan dapat menghidrasi kulitmu dengan baik.

null