Artikel Perawatan Kulit Sehat

5 Cara Merawat Kulit Sensitif

Kulit yang terus menerus mengalami iritasi akan membuatmu sulit untuk merasa nyaman dan memiliki kulit sehat. Biasanya kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah mengalami iritasi (sensasi tersengat, terbakar, atau kemerahan) akibat faktor lingkungan atau bahan-bahan tertentu.(1) Saat kulit selalu merasa terganggu, kepercayaan diri pun dapat terganggu. Berikut ini adalah langkah mudah untuk merawat kulitmu yang sensitif.

1. Bersihkan dengan Lembut

Pembersih wajah yang baik adalah pembersih yang dapat menjaga kelembapan kulit, membersihkan kulit dari kotoran, makeup, minyak berlebih, tanpa membuat kulit kering. Carilah pembersih yang tanpa busa berlebih, tanpa tambahan pewangi, dan lembut seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Pastikan juga tidak mencuci muka berlebihan karena dapat menyebabkan kulit jadi kering dan iritasi. Bersihkan kulitmu sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

2. Pelembap

Untuk membantu kulitmu terasa lebih baik, gunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap lembap, mengurangi risiko iritasi, dan menjaga lapisan luar kulit. Pilih pelembap yang lembut yang dibuat khusus untuk kulit sensitif tanpa mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit seperti pewarna dan pewangi. Cari juga pelembap yang mengandung ceramides, sebuah bahan yang dapat bekerja menggantikan lapisan minyak alami kulit dan menguatkan lapisan pelindung kulit.

3. Hindari Pemicu Iritasi

Kulit sensitif biasanya akan bereaksi negatif terhadap faktor yang bisa memicu iritasi. Untuk mencegahnya, alangkah baiknya kulit tidak bersentuhan sama sekali dengan faktor tersebut. Perhatikan hal-hal yang menyebabkan kulit sensitifmu bereaksi, seperti: parfum, bahan pakaian, paparan sinar matahari. Hal-hal lain yang dapat menyebabkan iritasi adalah pendingin atau penghangat ruangan. Memperhatikan apa yang dapat menyebabkan kulitmu bereaksi dapat membantumu menghindari risiko iritasi di masa yang akan datang.

4. Menggunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya yang dapat digunakan di wajah dan cocok untuk kulit sensitif.(2) Pilih pelembap dengan SPF  untuk mengurangi efek buruk radiasi sinar UV (bahkan saat kamu berada di dalam ruangan). Ketika berada di bawah paparan sinar matahari, gunakan tabir surya yang khusus (tidak sekedar pelembap dengan SPF) dan pastikan menggunakan topi serta kacamata hitam.

 

5. Menghindari Eksfoliasi yang Terlalu Keras

Melakukan eksfoliasi secara teratur dapat membantu membersihkan kotoran, debu, polusi pada kulit. Eksfoliasi juga membersihkan sel kulit mati dan membantu pertumbuhan sel kulit baru. Tetapi kamu tidak bisa sembarangan memilih facial scrub. Bagi pemilik kulit sensitif, pilihlah facial scrub yang dibuat untuk kulit sensitif. Jangan tergoda dengan produk baru yang terlihat menarik seperti “mask pembersih pori-pori” jika terbuat dari bahan-bahan yang keras untuk kulitmu.

Produk apapun yang kamu gunakan, sangat penting untuk melakukan langkah perawatan kulit yang tepat untuk gaya hidup dan kulit sensitifmu.

 

1 Misery L, et al. Acta Derm Venereol 2016 Mar 4 [Epub ahead of print].

2 Del Rosso JQ, et al. Cutis 2013;92:234–240 ; Schaller M, et al. Br J Dermatol 2016 Nov 12 [Epub ahead of print].