Artikel Perawatan Kulit Sehat

Haruskah Kulit Bayi Dilembapkan?

Saat baru memiliki bayi, kebanyakan ibu akan memfokuskan dirinya untuk perawatan hariannya. Kadang kala begitu banyaknya hal yang harus dikhawatirkan oleh seorang ibu membuatnya lupa bahwa kulit bayi juga perlu dirawat dengan baik.

Mitos tentang Kulit Bayi

Kebanyakan orang tua baru akan mengira bahwa kulit bayi pasti sudah lembap karena teksturnya yang lembut. Kenyataannya, tanpa perawatan kulit yang tepat, kulit bayi pun bisa mengalami beberapa gangguan kulit seperti gatal, lecet, dan eksim yang bisa disebabkan oleh kulit kering.(1)

Tidak seperti kulit orang dewasa, kulit bayi akan kehilangan kelembapannya lebih cepat karena lapisan epidermis (lapisan teratas kulit) belum begitu menempel dengan lapisan dermis (lapisan bawah). Kulit bayi juga terasa lebih tipis sehingga lebih sensitif, dan lebih cepat bereaksi dengan gangguan yang disebabkan oleh faktor lingkungan.(2)

Itu sebabnya para ahli merekomendasikan untuk melembapkan kulit bayi setiap hari. Untuk menghindari iritasi kulit, pilihlah pelembap yang ringan dan tanpa bahan pewangi (non-added fragrance). Jika kulit bayimu tampak sangat kering, lembapkan 2 kali sehari terutama setelah penggantian popok. Jangan hanya melembapkan area yang kering, tapi juga ke seluruh area kulit yang lain karena biasanya bayi suka bergerak ke sekelilingnya.(3)

Pelembap adalah Bagian dari Perawatan Kulit Bayimu

Melembapkan kulit bayi bisa dilakukan dengan memberikannya pijatan lembut. Sentuhan, kontak mata, dan suara yang biasanya dilakukan saat memijat bayi terbukti dapat menguatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak.(4) Beberapa langkah untuk pijatan yang menenangkan adalah:

  • Awali dengan mengusapkan losion bayi atau baby massage oil ke telapak tangannya.
  • Lakukan pijatan di telapak tangannya dengan gerakan memutar.
  • Ulangi langkah ini ke bagian belakang tangannya lalu perlahan pindah ke bagian lain.
  • Dengan lembut tarik jemarinya lalu pindah ke bagian kaki.
  • Setelah itu, habiskan waktu dengan mengusapkannya ke bagian tubuh bayimu.

Lihat bagaimana ia merespon sentuhanmu. Jika ia tampak gelisah, hentikan dan coba lagi di lain waktu.

Temukan rangkaian Cetaphil Baby termasuk losion, pembersih, dan massage oil.

 

1. Stamatas GN, et al. Int J Cosmet Sci 2011; 33:17–24 (From Cetaphil Baby Fundamentals deck)

2. Telofski LS, et al. Dermatol Res Pract 2012;2012:198789; Walters RM, et al. Skin Pharmacol Physiol 2016; 29:111–118 (From Cetaphil Baby Fundamental deck)

3. https://www.webmd.com/parenting/treat-diaper-rash-16/baby-skin-care

4. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2016.02049/fulld.com/parenting/baby/baby-eczema-questions-answers