Kenali 5 Tanda Kulit Sensitif

Kenali 5 Tanda Kulit Sensitif

Kondisi kulit sensitif umumnya ditandai oleh kulit yang cepat bereaksi pada kandungan sebuah produk atau faktor lingkungan yang terpapar pada kulit dan menimbulkan sensasi tak nyaman seperti gatal, ruam, kering, hingga radang. Sebelum tahu cara mengatasinya, kenali dulu 5 tanda kulit sensitif yang sering muncul berikut ini: 

1. Lapisan Kelembapan Terganggu

Kulit memiliki lapisan yang disebut skin barrier atau sawar kulit. Fungsinya adalah untuk melindungi tubuh dari gangguan eksternal seperti bakteri, virus, polutan, racun, dan lainnya.  

Lapisan ini membutuhkan kelembapan untuk menjaganya bekerja secara optimal. Apabila lapisan kelembapan ini terganggu maka secara kulit dapat mengalami kondisi sensitif.  

Untuk menjaga agar lapisan kelembapan kulit bekerja secara optimal, gunakan produk yang menjaga kelembapan dan lembut pada kulit. Contohnya produk perawatan kulit yang hypoallergenic yang minim risiko untuk memicu tanda-tanda kulit sensitif.

 

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi kekurangan cairan yang dapat dialami oleh semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Ketika kulit mengalami dehidrasi, maka ia akan memengaruhi lapisan kelembapan pada skin barrier atau sawar kulit dan membuat kulit menjadi lebih mudah sensitif.  

Jaga agar kebutuhan air pada tubuh tercukupi untuk menghindari dehidrasi. Perhatikan asupan cairan tercukupi dari makanan dan air, gunakan produk perawatan kulit yang menjaga kelembapan serta gunakan sunscreen atau tabir surya untuk memberikan lapisan ekstra pada kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA & UVB.

 

3. Kasar

Kulit yang terasa kasar artinya memiliki tekstur yang tidak rata. Ada beberapa penyebab yang dapat menjadikan tekstur kulit menjadi kasar, salah satunya adalah transepidermal water loss atau penguapan air secara alami pada kulit.  

Berkurangnya kandungan air akan memengaruhi kinerja skin barrier atau sawar kulit yang jika dibiarkan dapat memicu gangguan kulit sensitif. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga kondisi kulit agar tetap lembap dengan produk perawat kulit seperti pelembap yang dapat memberikan perlindungan tahan lama.

 

4. Tidak Nyaman

Kondisi tidak nyaman dapat berupa rasa gatal, kemerahan, sensasi tersengat atau terbakar, dan lainnya. Ketika kulit mengalami rasa yang tidak nyaman artinya kulit mengalami gangguan.  

Gangguan ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari cuaca, hormon, makanan, produk perawatan kulit, kosmetik. Setiap orang memiliki pemicu yang dapat mengakibatkan reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perhatikan apa saja hal-hal yang memicu kulit mengalami kondisi sensitif dan menimbulkan rasa tidak nyaman.  

Sebaiknya hindari kandungan pewangi dan pilih perawatan kulit yang telah teruji secara dermatologi cocok untuk kulit sensitif untuk menghindari rasa tidak nyaman yang timbul akibat kulit sensitif.

 

5. Kaku

Kondisi kulit sensitif terjadi karena adanya gangguan pada skin barrier atau sawar kulit. Akibatnya, lapisan kulit menjadi retak dan menyebabkan kulit kehilangan lebih banyak cairan yang sehingga permukaan kulit terasa kaku dan ketat.  

Pilih produk perawatan kulit yang mampu menjaga kandungan air dan lapisan kelembapan kulit sehingga sawar kulit terjaga sehingga tidak mudah sensitif dan kulit tidak lagi terasa kaku.

Kenali 5 Tanda Kulit Sensitif

Rangkaian produk Cetaphil yang bersifat hypoallergenic dan teruji secara dermatologi cocok digunakan semua jenis kulit bisa menjaga kulit kita dari 5 tanda kondisi kulit sensitif di atas. 

Mulai dengan membersihkan kulit menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser, lalu jaga kelembapan kulit dengan Cetaphil DailyAdvance Ultra Hydrating Lotion atau Cetaphil Moisturizing Lotion. Terakhir, proteksi kulit dengan tabir surya Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 atau Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15.